Bahaya Minuman Berenergi (Energy Drink)

Red Bull

Energy Drink

Gencarnya promosi minuman berenergi yang membanjiri media kita, baik cetak maupun elektronik, membuat sebagian orang menjadi bertanya-tanya apakah sebenarnya minuman berenergi tersebut? Apakah minuman berenergi aman untuk saya? Promosi yang gencar tersebut mengesankan bahwa minuman berenergi adalah minuman yang bebas diminum seperti halnya Coca Cola atau Fanta. Namun apakah benar demikian? Mari kita simak bersama tulisan berikut ini. 

Minuman berenergi (energy drink) adalah sejenis minuman ringan (soft drink) yang mengandung kafein dan zat stimulan lainnya seperti efedrin, guarana, dan ginseng. Minuman ini tidak mengandung lebih banyak kalori dibanding minuman ringan, namun dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi orang yang meminumnya.

Apakah Minuman Berenergi Berbahaya?

Sebagian besar minuman berenergi mengandung kafein, yang apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi akan menyebabkan berbagai macam efek samping berjangka waktu pendek. Kandungan kafein per botol minuman berenergi sangat bervariasi, dari 50 mg hingga 505 mg. Oleh karena itu, seseorang dapat saja minum terlalu banyak kafein. Rekasi normal yang terjadi apabila terlalu banyak kafein yang masuk ke tubuh meliputi meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, dehidrasi (pada beberapa kasus), sakit kepala, serta kesulitan tidur. Kematian akibat kafein dosis tinggi juga pernah dilaporkan sebanyak 4 kasus.

Pada Kondisi Apakah Minuman Ini Sebaiknya Dihindari?

Jangan pernah meminum “energy drink” pada kondisi dimana tubuh beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat, karena efek diuretik kafein akan menyebabkan dehidrasi. Jangan pula meminum minuman berenergi untuk mengimbangi efek samping alkohol. Ada beberapa orang yang meminum “energy drink” untuk membantu memulihkan efek mengantuk yang ditimbulkan oleh alkohol. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan keracunan kafein. Di bawah pengaruh alkohol, Anda akan minum terlalu banyak kafein. Anda juga harus paham bahwa kafein tidak mengurangi kadar alkohol dalam tubuh, sehingga apabila efek merangsang/waspada dari kafein menghilang, Anda akan dihadapkan pada efek mengantuk dari alkohol yang belum hilang.

Amankah Minuman Berenergi Untuk Saya?

Pada dasarnya, minuman berenergi relatif aman. Hanya saja perlu diwaspadai kandungan kafeinnya yang sangat bervariasi dari suatu merk ke merk yang lainnya. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Reissig CJ, Strain EC, dan Griffiths RR pada Johns Hopkins University School of Medicine yang membuktikan bahwa kandungan kafein dari suatu merk ke merk lainnya sangat bervariasi. Anda dituntut untuk bijaksana di sini, minumlah “energy drink” bila diperlukan. Jangan menjadikannya suatu kebiasaan seperti Anda minum Coca Cola atau Fanta.

Energy Drinks

Energy Drinks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s